Sintaksis No「World Bookmaker Ranking」mina:Pengertian, Ciri

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:LiveBaccaratRegistration

DiWorld BookmWorld Bookmaker Rankingaker RankingkuWorld Bookmaker Rankingtip dWorld BookmWorld Bookmaker Rankingaker Rankingari jurnal Keberlakuan Nomina sebagai Predikat dalam Kalimat Bahasa Indonesia: Kajian Sintaksis (2018) karya Mujahid Zenul Ambiya, nomina merupakan kategori yang secara sintaksis tidak memiliki potensi untuk bergabung dengan partikel ‘tidak’, serta berpotensi untuk didahului dengan partikel ‘dari’.

Baca juga: Penggunaan Tanda Penyingkat atau Apostrof

Bentuk nomina ini mempunyai sifat polimorfemis. Karena nomina turunan dibentuk dari nomina dasar atau kategori kata lainnya, seperti verba dan adjektiva. Nomina turunan dibuat dengan menambahkan prefiks, sufiks, atau konfiks. Contohnya pembeli, perbuatan, kekuatan, dan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Dalam Sistem Morfologi Nomina dalam Bahasa Kulisusu (2015) karya Sarmin, nomina sering juga disebut kata benda. Nomina dapat dilihat dari dua segi, yakni segi semantik dan sintaksis.

Nomina dibagi menjadi dua bentuk, yakni:

Jika dilihat secara semantik, nomina mengacu pada binatang, manusia, benda, konsep atau pengertian. Sedangkan dari segi sintaksis, nomina mempunyai tiga ciri, yaitu:

Dilansir dari Perilaku Sintaksis Verba, Nomina, Pronomina, dan Numeralia dalam Bahasa Indonesia (2017) karya I Gusti Ngurah Ketut Putrayasa, nomina dasar memiliki bentuk monomorfemik. Contohnya gambar, rumah, kemeja, batang, dan lainnya.

KOMPAS.com - Sintaksis merupakan salah satu cabang ilmu linguistik. Sintaksis mengkaji seluk beluk tata bahasa dalam sebuah kalimat. Ada beberapa kategori sintaksis dalam bahasa Indonesia. Salah satunya sintaksis nomina.

Baca juga: Aturan Tanda Garis Miring (/)

Berikut beberapa contoh sintaksis nomina

Menurut Tri Mahajani dan kawan-kawan, dalam buku Sintaksis Bahasa Indonesia (2021), sintaksis adalah bagian dari ilmu bahasa yang membahas tentang seluk beluk kalimat, klausa, serta frasa. Sintaksis juga mempelajari dasar dan proses pembentukan kalimat dalam sebuah bahasa.

Ada empat jenis kategori sintaksis. Kategori ini digunakan untuk menggambarkan perbedaan kelas kata yang dipakai dalam penyusunan sebuah kalimat. Kategori sintaksis ada verba (kata kerja), adjektiva (kata sifat), nomina (kata benda), dan adverbia (kata keterangan)